Pengertian Produktivitas Kerja



Menurut Sunyoto Danang (2012:203) Produktivitas kerja adalah ukuran yang menunjukkan pertimbangan antara input dan output yang dikeluarkan perusahaan serta peran tenaga kerja yang dimiliki persatuan waktu.
Sedangkan menurut Muchdarsyah dalam Sedarmayanti (2011:198) produktivitas diartikan sebagai hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang) atau jasa dengan masukan sebenarnya.
Berdasarkan pengertian diatas maka penulis dapat menympulkan bahwa produktivitas merupakan perbandingan hasil yang dicapai oleh seorang pekerja pada waktu tertentu dengan sumberdaya yang digunakan.

a.      Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas
Faktor produktivitas manusia memilki peran besar dalam menentukan sukses suatu usaha. Secara konseptual produktivitas manusia sering disebut sikap mental yang selalu memiliki pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini lebih baik dari hari kemarin dan esok lebih baik hari ini. Maka produktivitas dapat ditingkatkan dengan berbagai faktor yang dapat dipenuhi. Faktor- yang dapat mempengaruhi antara lain (Sulistiyani dan Rosidah, 2009), yaitu:
1)      Pengetahuan (knowledge)
2)      Keterampilan (skills)
3)      Kemampuan (abilities)
4)      Sikap (attitude)
5)      Perilaku (behaviors)
Sedangkan menurut Sedarmayanti  (2011:214) faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya produktivitas kerja.
1)      Motivasi
2)      Kedisiplinan
3)      Etos kerja
4)      Keterampilan
5)      Pendidikan
Berdasarkan pendapat diatas maka penulis dapat menyimpulkan faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja dipengaruhi dengan adanya pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Pengertian Produktivitas Kerja | Unknown | 5